Biografi KH. M. Faiz. Abdur Rozaq, Lc

Biografi KH. M. Faiz. Abdur Rozaq, Lc


KH. M. Faiz. Abdurrozaq, Lc kelahiran 11 November 1938 Tanggerang, Banten ini merantau dari banten ke Malang karena sang ayah. Ayah Ustad Faiz mendapat iming iming dari mesir untuk menjadi perwakilan asiatenggara sebagai penulis kitab sehingga mengambil keputusan untuk meninggalkan Jabatan sebagai Ketua Departemen Agama pusat.
sejak kecil ustad faiz mencintai bidang kaligrafi. Kini bapakpenulis kitab pego ini menjadi Dosen Tamu diberbagai Universitas, diantaranya Unesa, Gontor, dan universitas lainnya. Sejak umur 15 tahun hingga 76 tahun, beliau bergelut dalam bidang kaligrafi.
Banyak jajaran MasjidNasional yang dihiasi oleh karya tangannya, diantaranya Masjid Nasional Bengkulu, Masjid Nasional Istiqlal, Masjid DPR Bandung, Masjid Agung Tuban, Masjid Pemprov Jatim, Masjid Nasional Samarinda, Masjid Alfatah Ambon, bahkan Masjid Al Akbar Surabaya. Tak ayal, beliau menjadi Kepala Majelis Dewan Hakim lomba Musabaqah Khatmil Qur’an tingkat provinsi ini.
Bapak dari 7 orang anak ini pernah menjamah negeri timur, beliau adalah lulusan dari King Abdul Aziz Universitydi Jeddah pada tahun `1984 lalu. Sempat diangkat menjadi Kaligrafer internasional di Arab Saudi adalah menjadi kebanggan tersendiri oleh suami dari Alm. Hj. Hanifah dari Kota Lamongan. bapak yang berhasil membiayai ke Tujuh anaknya lulus sarjana dari hasil Kaligrafi ini biasa disapa dengan Ustad Faiz, sikap ramahnya kepada semua orang menjadi ciri khas tersendiri.
sejak kecil ustad faiz mencintai bidang kaligrafi. Kini bapakpenulis kitab pego ini menjadi Dosen Tamu diberbagai Universitas, diantaranya Unesa, Gontor, dan universitas lainnya. Sejak umur 15 tahun hingga 76 tahun, beliau bergelut dalam bidang kaligrafi.



Adapun biar lebih sistematis, rincian tentang riwayat perjalanannya terkait kaligrafi dapat dilihat sebagai berikut :
Nama lengkap             : KH. M. Faiz Abdur Rozak, Lc
Tempat/tgl lahir           : Tanggerang11 November 1938
Pekerjaan utama          : Guru bahasa Arab, Khat dan Tarikh di MAN Bangil, Pesantren             Wachid Hasyim, Persis, Sidogiri dan YAPI.
Alamat Rumah            : Perum Permata Asri, Gempeng, Bangil Pasuruan, Jawa Timur 67153
Hp. 08155014703
KIPRAH DI BIDANG KALIGRAFI
·         Pendidikan
SGHA (Sekolah Guru Hakim Agama) di Malang lulus tahun 1958.
Pondok Pesantren Modern Gontor
King Abdul Aziz Universitydi Jeddah pada tahun `1984
·         Kejuaraan
Juara II Khat Tingkat Internasional di Jeddah Saudi Arabia tahun 1979.
·         Penjurian
Hampir dalam setiap event penting lomba kaligrafi mulai tingkat kota/kabupaten, propinsi, nasional selalu terlibat dalam penjurian. Diantaranya :
Dewan Hakim MTQ Nasional
Kepala Majelis lomba MTQ Jatim XXV cabang MKQ.
·         Karya Kaligrafi
Penulis Mushaf Istiqlal (al-Qur’an terindah di dunia).
Penulis Mushaf Sundawi
Karya kaligrafi di masjid. Diantaranya, Masjid Nasional Istiqlal Jakarta, Masjid At-Taqwa Sririt Bali Utara, Masjid Agung Bengkulu, Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Masjid Baiturrahman PKT Bontang Kaltim, Masjid Agung Tuban, Masjid Agung Nurul Falah Kaltim, Masjid Islamic Center Samarinda Kaltim, Masjid Agung Bangkalan Madura, maupun Masjid Baitul Hamdi Pemprov Jatim.
khattat/desainer di Al-Farouqi Advertising Jeddah, Al Itimad Print Press Jeddah dan Deplu Kerajaan Saudi Arabia di Jeddah.
Penerjemah dan korektor Darul Fikr, Beirut perwakilan Jakarta Tahun 1984.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tokoh Kaligrafi KH. M. Faiz Abdul Razaq

sejarah pondok pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon pondok tertua